MineralTambang.com

 

   HOME     EBOOK    KATALOG     GALERY     VIDEO    DOWNLOADS    SUPPORT

  

      
 

Ebooks Pengolahan Emas dan Perak :

  MENGOLAH PERAK DARI LIMBAH FILM ( Klise & Fixer )
( KODE : A1 )

  MENGOLAH EMAS DARI SAMPAH ELEKTRONIK DENGAN METODE BOMBING
( KODE : A2 )

  MENGOLAH EMAS DENGAN METODE C.I.P.
( KODE : B1 )

  MENGOLAH EMAS DENGAN METODE AMALGAMASI
( KODE : B2 )

 


ARTIKEL :

EMAS
Sifat Fisik Emas
Reaksi Kimia Emas
Sejarah Tambang Emas
Batuan dan Mineralogi Emas
Gold Prospecting
Gold Detector
Trenching
Sampling dan Assaying
Aqua Regia
Tambang Emas
Cebakan Primer
Penambangan Emas Primer dgn Metode Underground
Cebakan Sekunder
Penambangan Emas Sekunder dgn Metode Hydrolicking
Penambangan Emas Sekunder dgn Metode Dredging
Diagram Alir Tehnologi Proses Pengolahan Bijih Emas
Comminution / Kominusi
Concentration / Konsentrasi
Gravity Separation
Liquation Separation
Magnetic Separation
Froth Flotation
Extraction / Ekstraksi
Amalgamation / Amalgamasi
Cyanidation / Sianidasi
Zinc Precipitation
Carbon Adsorption
Electrowinning / EW
Refining / Pemurnian
Mengolah Emas Dengan Carbon In Pulp ( C.I.P. )
Faktor Keberhasilan C.I.P
Pretreatment Sianidasi
Cyanide / Sianida
Merkuri / Air Raksa
Dampak Pencemaran Merkuri
Mengolah Emas dan Perak Daur Ulang
Gold Units
Referensi
 


LAST UPDATE :


TAG LINE :

BUKU PERTAMBANGAN, CARA PENGOLAHAN EMAS DAN PERAK, MENGOLAH EMAS metode CARBON IN PULP ( CIP ), proses pengolahan emas, PROSES EMAS, lokasi penambangan, tangki agitator, emas-sianida, Karbon aktif, pengolahan emas dari tailing, MENGOLAH EMAS DENGAN METODE AMALGAMASI, Teknologi mengolah emas, grafitasi, aglomerasi, froth flotation, cyanidasi, amalgamasi, elektrolitik, ekstraksi amalgamasi, Hydrargyrum (Hg), air raksa, merkury, atau quick silver, emas murnim, free native gold, raksa alloy, amalgam, METODE AMALGAMASI

 

 

e-BOOK PROSES PENGOLAHAN EMAS DAN PERAK

 

3. PENGOLAHAN EMAS DENGAN METODE C.I.P.

KODE   : B 1

Rp 5.000.000,-

mengolah-emas-dengan-metode-cip


REVIEV

Pengolahan emas dengan metode CARBON IN PULP ( CIP ) pertama kali diperkenalkan pada tahun 1951, namun baru populer pada tahun 1973 setelah metode pengolahan emas ini dipakai oleh Homestake Minning Co.'s plant di Lead, Dakota Selatan, USA. Kemudian menyebar luas ke negara-negara Andino ( negara-negara yang terletak di kawasan pegunungan Alpen ) seperti Peru, Chili, Equador, Columbia, Venezuela dan menyebrang ke beberapa negara Afrika. Di Asia, penggunaan metode ini secara kecil dimulai di Filipina awal tahun 1980an yang kemudian diadopsi di Indonesia ( Sulawesi Utara ) sekitar akhir 1999.

Metode CIP didasarkan kenyataaan bahwa emas dapat membentuk senyawa kompleks dengan sianida. Proses tahap awalnya, emas yang masih berupa ore ( bijih ) ditambang pada suatu lokasi penambangan. Ore tersebut selanjutnya dihancurkan hingga halus kemudian dicampur dengan air ( disebut pulp ). Pulp lalu dimasukan ke dalam tangki agitator, dan ditambahkan sianida ke dalamnya. Sianida inilah yang akan membentuk senyawa kompleks emas-sianida yang nantinya akan diserap oleh karbon aktif.  Karbon aktif kemudian dikeluarkan setelah melewati beberapa kali ulangan ( sistem bath ) durasi waktu dalam pulp.

Konsentrasi sianida jika terlalu rendah reaksinya tidak optimum sehingga emasnya tidak terlarut menjadi emas-sianida. Jika terlalu tinggi akan bereaksi terhadap logam lain sehingga emas tidak banyak terserap oleh karbon aktif.

Oleh karenanya, perlu dijaga kebutuhan ideal free cyanide. Free cyanide bukanlah cyanide consumtion ( jumlah sianida yang dipakai ) tetapi sianida yang masih bebas ( belum terikat dengan mineral lain ) dan belum berubah menjadi Sodium Thiocyanate ( NaSCN ). Untuk itu perlu diketahui berapa free cyanide ( CNF ), total cyanide ( CNT ), dan NaSCN-nya.

Ebook edisi premium ini hanya direferensikan bagi Anda yang benar-benar serius ingin berinvestasi di bidang pengolahan emas baik dari ore maupun tailing dari para PETI.

Apabila Anda ingin mencoba ebook PENGOLAHAN EMAS DENGAN METODE C.I.P. versi trial ( 30.743 KB ), silahkan download di sini

Download Mirror 01
Download Mirror 02

Untuk cara pemesanan silahkan klik halaman ORDER

2. CARA PENGOLAHAN EMAS DENGAN METODE AMALGAMASI.

KODE   : B 2

Rp 500.000,-

mengolah-emas-dengan-metode-amalgamasi


REVIEV

Teknologi proses pengolahan emas sendiri dikenal beberapa metode ekstraksi diantaranya :  grafitasi, aglomerasi, flotasi, sianidasi, amalgamasi, elektrolitik, dll. Namun dibandingkan dengan metode lainnya, mengolah emas dengan metode amalgamasi (merkuri)  relatif lebih mudah diterapkan dan tidak memerlukan investasi besar.

Proses ekstraksi amalgamasi yaitu proses mengikat / menangkap emas dengan menggunakan Hydrargyrum ( Hg ). Nama lain hydrargyrum yaitu : air raksa, merkuri, atau quick silver. Amalgamasi merupakan proses ekstraksi emas yang paling sederhana dan murah, akan tetapi hanya efektif untuk biji emas yang berkadar tinggi dan memiliki ukuran butiran kasar ( >74 mikron ) dan dalam membentuk emas murni yang bebas ( free native gold )

Pertama kali raksa alloy atau amalgam digunakan pada tahun 1828, meskipun keprihatinan atas sifat racun raksa dicegah secara luas menggunakan teknik ini. Sekitar 1895 eksperimen yang dilakukan oleh GV Black menunjukkan bahwa amalgam aman digunakan, meskipun 100 tahun kemudian ilmuwan masih diperdebatkan itu.

Apabila Anda ingin mencoba ebook PENGOLAHAN EMAS DENGAN METODE AMALGAMASI versi trial ( 8.670 KB ), silahkan download di sini

Download Mirror 01
Download Mirror 02

Untuk cara pemesanan silahkan klik halaman ORDER

 
 
 

Mengapa ebook cara mengolah emas dan perak terbitan MineralTambang.com dibanding ebook yang lainnya? Temukan jawabannya di sini 

 


Hal 01 / Hal 02 / Hal 03

  Copyright © 2010 - 2014 by MineralTambang.com. All Rights Reserved