MineralTambang.com

 

   HOME     EBOOK    KATALOG     GALERY     VIDEO    DOWNLOADS    SUPPORT

  

      

 

Translate / Pilih Bahasa :


 
 

Ebooks Pengolahan Emas dan Perak :

  MENGOLAH PERAK DARI LIMBAH FILM ( Klise & Fixer )
( KODE : A1 )

  MENGOLAH EMAS DARI SAMPAH ELEKTRONIK DENGAN METODE BOMBING
( KODE : A2 )

  MENGOLAH EMAS DENGAN METODE C.I.P.
( KODE : B1 )

  MENGOLAH EMAS DENGAN METODE AMALGAMASI
( KODE : B2)

 


ARTIKEL :


LAST UPDATE :



 

 

Metode mengolah emas BOMBING dikenalkan pada awal tahun 1970-an, sebuah untuk metode mengkilatkan logam emas dengan proses kimia yang kemudian dikenal secara luas sebagai 'bombing'.  Dalam sebuah Simposium di Santa Fe tahun 1990, Normandeau menggambarkan detail proses mengenai metode ini.

socket

Pada proses recovery dengan metoda BOMBING terdiri dari dua tahap penting ekstraksi, yaitu proses pelarutan dan proses pemisahan emas dari larutannya.

kancing-emas

Proses pelarutan menggunakan  lixiviants  ( leaching agen ) Sianida sehingga disebut Leaching Sianida. Leaching Sianida adalah proses pelarutan selektif oleh sianida dimana hanya logam-logam tertentu yang dapat larut, misalnya Au, Ag, Cu, Zn, Cd, Co dan lain-lain. 

Persamaan reaksi yang umum digunakan untuk pemisahan emas dalam larutan alkali sianida adalah :

2Au + 4CN- + ?O2 + H2O → 2[Au(CN)2]- + 2OH-

Mekanisme reaksi ini adalah mekanisme elektrokimia. Hidrogen peroksida dan telah dideteksi dalam larutan sianida di mana emas telah terpisah secara cepat, dan observasi ini menunjukkan bahwa beberapa emas kemungkinan terpisah melalui sepasang reaksi yang melibatkan pembentukan pertama hidrogen peroksida.

2Au + 4CN- + O2 + H2O → 2[Au(CN)2]- + 2OH- + H2O2

Lalu hidrogen peroksida bereaksi dengan beberapa emas dan sianida.

2Au + 4CN- + H2O2 → 2[Au(CN)2]- + 2OH-

Efek ketika saat H2O2 di tuang dalam proses pelarutan sebagai oksidan menimbulkan reaksi mirip bom yang dijatuhkan dari udara, dari reaksi inilah proses ini dikenal dengan istilah BOMBING

mengolah emas dengan bombing

Hanya univalen emas yang diperoleh dalam larutan sianida, sehingga pemisahan oksigen pada tekanan atmosfer tidak dapat mengoksidasinya. Oksigen dari udara adalah agen pengoksidasi untuk memisahkan emas dalam suatu larutan sianida.

Sedangkan pada proses pemisahan emas dari larutannya menggunakan metode presipitation ( precipitation recovery ) yaitu pengendapan dengan menggunakan presipitan. Presipitan yang digunakan adalah zinc / seng, yang menggantikan emas dalam larutan sianida melalui suatu reaksi :

2[Au(CN)2]- + Zn → 2Au + [Zn(CN)4]2-

Presipitan lain yang dipakai adalah aluminium, yang lebih sederhana daripada zinc dan meregenerasi sianida secara langsung :

2[Au(CN)2]- + 3OH- + Al → 3Au + 6CN- + Al(OH)3

Setelah emas dipisahkan dari larutan sianida dan dari residunya, langkah selanjutnya adalah memurnikan emas sambil menyimpan larutan untuk dipakai kembali.

Lebih lanjut tentang metode Bombing, dapat Anda pelajari di Ebook MENGOLAH EMAS DARI SAMPAH ELEKTRONIK terbitan MineralTambang.com.

 

 

Hal 01 / Hal 02 / Hal 03